Beberapa Langkah Pintar Menghindari Hipertensi

tips kesehatanHipertensi itu termasuk sebuah penyakit yang sangat sering untuk didengar. Hipertensi ini merupakan nama lain dari penyakit darah tinggi. Jika seseorang sudah didiagnosa mengidap hipertensi, maka penderitanya tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Pasalnya ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu naiknya tekanan darah. Jika itu dibiarkan, tentu saja membuat si penderita berada dalam sebuah kondisi yang tidak aman. Banyak dari penderita hipertensi mengalami stroke ataupun serangan jantung. Hal tersebut disebabkan karena si penderita tidak bisa menjaga kesehatan tubuhnya sendiri. Untuk menghindari hal-hal mengerikan seperti itu, ada baiknya Anda harus mengetahui bagaimana supaya bisa terhindari dari penyakit tekanan darah tinggi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung ataupun pusing dalam menjaga tekanan darah agar tetap di batas normal. Langkah pertama yang harus Anda hindari, berasal dari makanan. Hipertensi ini, selain disebabkan karena adanya faktor keturunan, akan disebabkan pula dari makanan. Makanan yang memicu terjadinya hipertensi pada seseorang adalah, makanan bersifat asin. Selain itu, makanan yang punyai kandungan lemak banyak pun harus dihindari. Pasalnya hipertensi itu cenderung memiliki kolesterol tinggi.  Langkah penghindaran yang kedua, Anda harus mulai mengonsumsi makanan yang cukup mengandung serat banyak. Makanan yang berserat banyak bisa didapatkan melalui buah dan sayur. Bagi yang tak begitu menyukai sayur dan buah, tentu harus tetap mengonsumsinya demi kebaikan sendiri.

Langkah penghindaran ketiga, Anda harus bisa menghindari rasa stress. Rasa stress yang berlebihan pun merupakan pemicu dari adanya penyakit hipertensi. Mulai sekarang ketika ada permasalahan, hendaknya jangan dipikirkan berlarut-larut karena itu hanya menimbulkan permasalahan dalam kesehatan tubuh Anda. Dan langkah penghindaran keempat, dengan memperbaiki aktivitas sehari-hari. Penderita hipertensi pada umumnya juga akan disebabkan karena kurangnya olahraga. Pasalnya karena malas berolahraga, menyebabkan tumpukan lemak di sekujur tubuh menjadi lebih banyak jumlahnya. Lemak berlebihan itulah yang membuat kadar kolesterol di dalam darah menjadi meningkat, dan akhirnya pun timbul lah hipertensi. Mulai sekarang luangkan sedikit waktu berolahraga, tidak harus lama, yang penting Anda rutin melaksanakannya.

Related posts: