Cara Mudah Merawat Kelinci Anggora

kelinci anggoraKelinci anggora merupakan salah satu jenis kelinci yang sangat populer di dunia. Bahkan, kelinci jenis anggora juga menjadi kelinci yang paling banyak dicari dan disukai oleh banyak orang. Salah satu ciri khas dari kelinci ini adalah memiliki bulu yang sangat tebal dan panjang. Oleh karena itu, kelinci ini sangat manis dan lucu sehingga cocok dijadikan kelinci hias unggulan. Harga kelinci ini juga sangat mahal untuk setiap ekornya. Biasanya, satu ekor kelinci jenis anggora dibanderol dengan harga Rp 100.000,- hingga Rp 500.000,-. Bahkan, untuk jenis yang sangat unggul harganya bisa mencapai jutaan Rupiah. Semakin unik dan cantik bulu yang dimiliki oleh kelinci, harganya juga akan semakin mahal di pasaran.

Rahasia Budidaya Kelinci Anggora Dengan Mudah Dan Benar

Sebenarnya, budidaya kelinci anggora tidak terlalu sulit untuk dilakukan jika Anda telah memiliki ilmunya. Namun, tentu masih banyak peternak kelinci pemula yang belum memahami cara membudidayakan kelinci dengan baik dan benar. Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin membudidayakan kelinci adalah memilih beberapa bibit unggul yang sehat dan tidak memiliki cacat.  Semakin unggul kualitas bibit induk kelinci, maka akan semakin baik juga kualitas anakan yang dihasilkan nantinya. Kualitas kelinci bisa dilihat dari kondisi fisiknya yang sehat dan bugar. Selain itu, induk kelinci yang sehat juga bisa lebih tahan terhadap penyakit. Oleh karena itu, memilih induk kelinci harus benar-benar dilakukan secara hati-hati. Kondisi kesehatan induk kelinci bisa diamati dari mata, hidung, mulut, punggung, kaki, dan ekor.

Setelah memiliki induk kelinci yang memiliki kualitas unggulan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan kandang kelinci. Kelinci jenis anggora lebih menyukai kandang yang kering dan dingin. Hal ini sesuai dengan habitat asli kelinci di alam liar. Oleh karena itu, Anda harus mengolah kandang sedemikian rupa sehingga memberikan suasana yang nyaman bagi kelinci untuk hidup dan berkembang. Meskipun menyukai suasana yang dingin, namun kelinci juga tidak kuat dengan suhu dingin yang terjadi pada musim hujan. Oleh karena itu, sebaiknya tutup kandang menggunakan terpal untuk menghindari hembusan angin yang masuk ke dalam kandang kelinci anggora saat musim hujan.

Related posts: