Kenali Penyebab dan Penanganan Sakit Gigi

tips kesehatanSakit gigi adalah permasalahan kesehatan yang mudah diserang oleh siapa saja. Biasanya sakit gigi dialami oleh anak kecil dan orang dewasa. Meskipun begitu, para remaja juga memiliki potensi yang sama mengalami rasa sakit ini.

Sebenarnya sakit gigi bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun jika sudah kena syaraf di sekitar gigi maka akan membahayakan organ tubuh lainnya. Maka untuk mencegah sakit gigi, kamu perlu mengenali penyebab dari sakit gigi ini.

Sakit gigi disebabkan karena munculnya kuman di dalam mulut. Kebiasaan tidak menggosok gigi pada pagi dan malam akan mempercepat pertumbuhan kuman di dalam mulut. Kuman akan bersarang di gigi dan dapat menggerogoti gigi. Sehingga gigi yang awanya berbentuk padat dan rapi akan menjadi berlubang. Apalagi jika lapisan email gigi sudah diserang, maka rasa linu dan nyeri tidak mudah dihilangkan.

Sebenarnya perilaku menggosok gigi tidak hanya pagi dan malam hari. Namun kamu juga perlu menggosok gigi terutama setelah mengonsumsi makanan berpemanis seperti gula, kue, dan cokelat. Makanan manis rentan sekali membuat gigi berlubang. Jika kita membiarkan dan tidak segera menggosok gigi, maka gigi akan sakit dan lama kelamaan akan berlubang. Lalu apa yang harus kamu lakukan jika sakit gigi?

Untuk mengobati rasa sakit di gigi, maka sebaiknya pergi ke dokter gigi. Jika gigimu berlubang, maka segera lakukan penanganan untuk menambal gigi yang berlubang. Namun untuk menangani gigi berlubang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Besar kecilnya biaya perawatan ini juga tergantung dengan tingkat kerusakannya. Efek samping yang ditimbulkan juga bisa membuat gigimu semakin sakit. Namun ini hanya sementara karena efek penutupan pada lubang gigi.

Selain gigi ditambal, biasanya juga dokter menyarankan untuk dicabut. Namun penanganan pencabutan ini jika kondisi gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi. Biayanya lebih mahal dibandingkan dengan menambal gigi. Jika sedang tidak memiliki dana yang besar, berkumur dengan air garam bisa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan rasa sakit di gigi, loh.

Related posts: