Menjaga Alat Reproduksi Wanita

tips kesehatanRahim merupakan salah satu alat reproduksi wanita yang memiliki peran penting sebagai tempat untuk menerima dan pembuahan sel telur. Setelah mengalami proses pembuahan maka ovum akan disimpan dalam rahim hingga terbentuk janin yang nantinya akan dilahirkan. Menjaga sistem reproduksi wanita agar tetap bersih dan sehat merupakan hal yang wajib untuk dilakukan agar rahim tetap sehat dan subur tentunya. Sebab jika tidak maka rahim akan rusak dan mengalami ketidakseimbangan hormone. Untuk menjaganya tetap sehat sebaiknya hindari mengkonsumsi gula secara berlebihan sebab akan mempengaruhi tekanan darah. Begitu juga dengan kopi yang mengandung kafein akan menyebabkan penurunan kesuburan dan juga dapat meningkatkan kecemasan.

Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk mencucinya terlebih dahulu, sebab pestisida yang menempel pada kulit buah dan sayuran dapat mengakibatkan sistem reproduksi menjadi rusak. Minimal beralkohol juga dapat menghambat kesempatan wanita untuk hamil sebanyak 50% sehingga hal tersebut dapat mengganggu kesuburan, dan bagi pria akan mengurangi jumlah sperma. Kemudian banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rahim dalam keseharian Anda. seperti seringlah untuk mengganti pembalut terutama pada saat 2 hari pertama datang bulan karena biasanya akan keluar darah banyak pada saat itu. Gantilah celana dalam minimal 2 kali dalam sehari untuk menghindari bakteri. Jangan menggunakan sabun untuk membersihkan vagina karena akan menyebabkan kering, iritasi dan gatal pada dinding vagina.

Jika setelah buang air kecil dan buang air besar sebaiknya membersihkan bagian luar vagina dengan membasuh air dari depan ke belakang agar bakteri tidak masuk ke dalam vagina. Hindari memakai celana yang terlalu ketat karena akan menyebabkan panas dan lembab sehingga akan memicu berkembang biaknya kuman dan bakteri. Jika hal tersebut diabaikan bukan tidak mungkin maka Anda akan mengali berbagai penyakit rahim. Seperti kista ovarium, keputihan, gangguan menstruasi, kanker serviks bahkan hingga kanker payudara. Karena itulah untuk tidak mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan vagina dan alat reproduksi lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related posts: