Obyek Wisata Malang Candi Singosari Dan Sekitarnya

wisata malangTidak hanya Magelang dan Jogja yang memiliki candi, di Malang juga terdapat sebuah candi yang unik. Wisata Malang tersebut berupa Candi Singosari yang dibangun sekitar abad ke 13 masehi. Candi yang terletak pada kelurahan Candirenggo kecamatan Singosari kabupaten Malang ini memiliki arsitektur yang unik. Karena sepertinya candi ini belum rapi sehingga dimungkinkan bahwa pembangunan candi tersebut belum selesai. Sebenarnya di sekitar kompleks candi masih terdapat bangunan candi namun ada beberapa candi yang sudah runtuh atau juga beberapa arca yang hilang dan sudah tidak pada tempatnya lagi. Karena banyak arca candi Singosari ini dibawa oleh pihak Belanda yang memang saat itu menemukan candi tersebut pertama kali.

Candi Lainnya Pada Wisata Malang

Pada wisata Malang juga terdapat beberapa candi yang dijadikan tujuan wisata yang menarik. Dan mayoritas bentuknya menyerupai sebuah Menara. Selain Candi Singosari yang merupakan candi dengan corak Hindu-Budha. Kemudian ada juga Candi Kidal yang dibangun pada abad ke-12 dibangun karena penghormatan untuk kerajaan Anusapati yang dibunuh oleh Panji Tohjaya. Candi ini berada di desa Rejokidal kecamatan Tumpang kabupaten Malang dengan jarak sekitar 20 Km dari kota Malang. Candi Sumberawan yang juga merupakan peninggalan kerajaan Singosari. Candi ini hanya berupa stupa yang dibangun untuk tempat pemujaan umat Budha. Candi ini berada pada kaki Gunung Arjuna di desa Toyomarto kecamatan Singosari dan jaraknya hanya 6 Km dari Candi Singosari.

Ada juga Candi Bacok yang memiliki keistimewaan berupa arca Dewa Siwa yang dibuat dengan begitu detailnya sehingga ada orang yang tidak bertanggung jawab telah mencurinya. Namun saat ini arca tersebut telah disimpan dengan aman oleh juru kunci dari candi tersebut. Candi yang letaknya di dusun Bacok desa Pondokagung kecamatan Kasembon kabupaten Malang ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang saat pembuatannya dipimpin oleh Hayam Wuruk. Obyek wisata Malang ini memiliki candi Jago yang letaknya di kecamatan Tumpang. Namun sayang candi ini sudah tidak utuh lagi karena disambar petir.

Related posts: