Seberapa Penting Ketahui Usia Kehamilan?

usia kehamilanTidak dipungkiri lagi bahwa setiap ibu hamil pasti kerap mendapatkan pertanyaan seputar usia kehamilan. Hal semacam ini memang sangatlah wajar ketika Anda sebagai calon ibu mendapatkan perhatian semacam itu. Tentunya tidak semua orang paham secara langsung terhadap berapa lamakah usia pada  kehamilan secara tepat. Kebanyakan ibu hamil tentunya akan menjawab dengan berbagai perkiraan mengenai usia hamil berdasarkan pada saat mendapatkan menstruasi terakhir kali. Tidak jarang pula banyak yang meleset terhadap perkiraan yang dilontarkan oleh dokter kandungan. Karena usia dalam kehamilan tidak bisa diperkirakan berdasarkan kapan terakhir kali mendapatkan menstruasi.

Ternyata Mengetahui Usia Kehamilan Sangatlah Penting

Tentu saja dengan mengetahui secara pasti usia kehamilan sangatlah menjadi hal yang perlu dan penting. Dikarenakan setiap ibu hamil pastinya akan mendapatkan penanganan khusus serta pantangan terutama dalam menjaga kesehatan sang janin. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan berapa lama lagi waktu kelahiran akan datang. Oleh karena itu penting sekali bagi setiap ibu hamil untuk mengetahui secara pasti sudah berapa lamakah kehamilan tersebut. Dengan demikian Anda bisa melakukan berbagai persiapan kelahiran secara matang. Dalam ilmu medis memang bisa menghitung secara pasti berapa hari sudah usia kandungan di dalam perut Anda. Biasanya bisa diketahui berdasarkan berapa lama waktu yang dihitung dari pembuahan pertama.

Tentunya cara perhitungan antara orang awam dengan dunia medis sangatlah berbeda. Yang sering dilontarkan oleh kebanyakan orang bahwa untuk mengetahui usia pada kandungan adalah dengan hitungan bulan. Namun, tentunya akan berbeda jika dibandingkan dengan dunia medis dalam melakukan perhitungan yaitu dengan menggunakan minggu. Tentunya perhitungan dengan menggunakan satuan minggu merupakan kesepakatan internasional dunia medis dalam urusan kandungan. Jika dalam dunia dokter usia pada kandungan pada masa kehamilan adalah selama 40 hari. Yang berarti dalam 7 hari dikalikan 40 minggu dan dibagi dengan masing-masing hari dalam satu bulan dengan asumsi rata-rata 30 hari. Maka didapatkan usia kehamilan yang sebenarnya adalah 9 bulan lebih sepuluh hari. Dan tentunya cara menghitung semacam ini sangatlah perlu untuk diketahui terutama bagi calon ibu muda.

Related posts: